Langsung ke konten utama
Perubahan Perilaku Sosial,Politik dan Budaya Generasi Y 
( Millenial)

Latar belakang

Dalam pengertian-pengertian pengetahuan di bangku sekolah kita mengenal berbagai generasi berdasarkan beberapa pengelompokkan dari berbagai latar belakang pemikiran dan masa-masa dimana ditandai dengan temuan-temuan baik dalam bidang sastra,politik,militer,teknologi,seni rupa,seni musik dan filsafat.
Dengan ditandai itu ditentukanlah jaman dan generasi yang melaluinya maupun penentu peradaban,begitu pula jaman setelahnya akan dikelompokkan agar dapat memahami pola kehidupan sosial,politik dan budaya secara umum. Namun untuk pembahasan saat ini akan dibatasi pada kultur kaum milenial yang saat ini mendekati tahun-tahun memasuki bonus demografi menurut peneliti akan dimulai tahun 2025-2045 dengan jumlah angka usia produktif berkisar pada 80 juta jiwa yang ada diIndonesia.
Ini menjadi menarik untuk dikaji perilakunya karena dengan jumlah sedemikian besar dapat merubah peradaban suatu negara bangsa. Jika negara menyiapkan dan memanfaat usia produktif ini akan menjadi suatu nilai positif bagi pertumbuhan ekonomi secara umum dan bisa saja Indonesia memasuki era tinggal landas menjadi negara maju tahun 2045 pada saat berakhirnya booming bonus demografi itu.
Kerja-kerja pemerintah ke arah itu harus sedari sekarang sudah dibuat peta jalannya sehingga pada saat memasuki era bonus demografi tidak terlambat menyiapkan infrastrukturnya bahkan berkebalikan malah menjadi sesuatu yang negatif. Pertanyaannya sudahkah pemerintah menyiapkan dan membuat peta jalannya kearah itu mari kita lihat dan perhatikan sejak saat ini.

Urutan generasi berdasarkan tahun kelahiran

♢ Apa yang dimaksud dengan generasi milenial.?
Gen X,kelompok Milenial didefinisikan sebagai orang yang lahir di antara tahun 1984 dan 1997 karena adanya tumpah tindih penentuan Gen-X dan Milenial,orang-orang yang lahir   di antara akhir tahun 1970-an dan awal 1980-an merasa berada di dua generasi.(wikipedia bahasa indonesia ensiklopedia bebas: dikutip)
♢ Generasi Milenial umur berapa.?
Generasi Milenial dalam definisi ini memiliki rentang waktu yang sedikit lebih pendek. Ukuran baru menyatakan mereka yang terlahir antara tahun 1981 sampai 1996 adalah generasi Milenial. Selama ini United States Census Bureau menetapkan rentang generasi Milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981 sampai 2000.
♢ Siapa saja Generasi Milenial.?
     Milenial,serta 5 generasi sebelum dan sesudahnya
      ▪ Tradisionalis (1922-1945) generasi ini terlahir pada zaman The Great                               Depressesion.
      ▪ Baby Boomer (1946-1964) 
      ▪ Gen-X (1965-1980)
      ▪ Milenial (1981-1994)
      ▪ Gen-Z (1995-2010)
      ▪ Alpha (>2010) 
 (Cekaja.com)
♢ Kenapa disebut Generasi Z.?
     Generasi Z adalah generasi yang terlahir dengan rentang 1995-2010,generasi Z adalah generasi setelah Y merupakan generasi peralihan setelah generasi Y dengan teknologi yang semakin berkembang disebut juga iGeneration,generasi Net. (wikipedia bahasa indonesia ensiklopedia bebas: dikutip)
♢ Apa itu generasi Baby Boomer.?
    Generasi dimana orang-orang yang belum menggunakan teknologo digital. Walaupun generasi Baby Boomer itu adalah sekelompok orang berusia tua. Namun mereka sebenar mempunyai daya beli yang tinggi terhadap suatu produk (Devina Journal)
♢Apa itu Generasi Net.?
  Generasi yang lahir 1995 atau lebih tepatnya setelah tahun 2000. generasi ini lahir saat internet mulai masuk dan berkembang pesat dalam kehidupan manusia. Generasi yang lahir tanpa mengetahui masa kehidupan tanpa internet,komputer dan telpon genggam. (Kenali Generasi Net-warta kota:dikutip)
♢Generasi Alpha tahun berapa.?
  Generasi Alpha kelahirannya dimulai 2010. Menurut McCrindle,generasi Alpha yakni anak-anak dari generasi Milenial akan menjadi generasi yang paling banyak di antara yang pernah ada. Sekitar 2,5 juta Generasi Alpha lahir setiap minggu. (Konvergensi Majalah Matra Sep.2019).
♡ Apa yang dimaksud dengan potensi diri.?
     Sementara itu dalam kamus umum bahasa Indonesia yang dimaksud dengan potensi adalah kemampuan-kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki seseorang,namun belum digunakan secara maksimal. Potensi adalah suatu daya yang dimiliki oleh manusia. Akan tetapi daya tersebut belum dimanfaatkan secara optimal.
■ Pergeseran pergaulan dan hubungan sosial 
    Perubahan perilaku interaksi hubungan pertemanan,kelompok dan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penentu namun yang paling dominan adalah teknologi internet sehingga sudah sangat jarang terlihat berkumpul bermain bersama hanya terlihat pada event-event tertentu saja dapat dilihat bersama seperti contoh: event olahraga,club motor,clubing dan nonton film.
Telah nampak sifat individual dan independen dalam menentukan arah berpikir, 
Sehingga terjadi pergeseran hubungan sosial antara sesama umum dengan perantara gadget dengan platform media social. Interaksi sosial ini berubah seiring sangat berpengaruh terhadap habit seseorang terhadap hubungan pertemanan,hubungan sosial masyarakat semua dapat dijalan dan diperoleh informasi sekitar melalui group-group platform media social. Tidak mesti beranjak dari tempat duduk semua dapat dilakukan dan mendapatkan informasi yang menyeluruh. Namun perubahan ini sedikit banyak berdampak pada pola pergaulan,persahabatan dan kecepatan memperoleh hal-hal yang hendak diketahui. Namun bisa saja berdampak negatid antara lain : hilangnya ruang privasi diantara pengguna  memungkin penyalahgunaan identitas pribadi untuk kepentingan-kepentingan kejahatan antara lain : indek persepsi politik,pemerasan,penipuan,pengajuan pinjol,skimming,penyadapan,haking dan operasi-operasi digital yang sulit dideteksi.
■ Pragmatisme versus idealis kelompok milenial
    Sikap ini sangat berpengaruh pada kepentingan dan nilai yang ingin diperjuangkan atau tujuan yang ingin dicapai banyak pilihan untuk diraih bisa saja karir dalam profesi dan jabatan politik  atau cita-cita yang mengarah kepada penggunaan sumber daya ekonomi yang dimiliki. Tetapi banyak pula dicapai dengan cara-cara yang serba mudah dan instan sehingga jalan pintas untuk meraihnya dilakukan dengan memanfaatkan kemapanan ekonomi,faktor kedekatan/nepotisme atau kemampuan berargumentasi sehingga menampakkan sebagai tokoh sentral dalam memperjuangkan yang nota bene kepentingan publik dibarengi dengan agenda pribadi.
Sikap idealis harus diperjuangkan dan tidak tergoda dengan pemanfaatan segala sesuatu yang mengarah kepada perbuatan serba instan dan mudah namun didasarkan kemampuan dan percaya kepada diri sendiri atas apa yang mesti dan harus diperjuangkan namun cukup banyak kelompok ini terkontaminasi oleh sikap politik yang marak dipraktekkan oleh orang-orang sekitar dan contoh-contoh yang terlihat. Seharusnya naluri dan kejernihan gagasan yang dibangun dijalankan dengan baik pula tanpa menyertakan sumber daya yang lain sebagai cara dalam mengukur, apakah gagasan itu dapat diterima atau tidak. Dan bisa saja masyarakat sudah hilang kepercayaan terhadap tokoh memungkinkan penilaian atas gagasan dan tokoh menjadi bias dan banyak kemungkinan yang menjadi pertimbangan karena sudah terlalu banyak contoh yang dipraktekkan tokoh yang sebelumnya berbicara idealis namun tidak pada praktek entah tergiur oleh kondisi dan peluang atau aji mumpung sehingga nilai idealisme terkikis oleh kepentingan sesaat,peluang yang ada dan terkontaminasi gaya hedonis.
Walaupun era ini sudah cukup sulit ditemui hal ini namun perlu dijadikan kelompok ini menjadi pembaharu.
■ Independensi dalam Memilih dan Pilihan
    Kelompok ini terbilang cukup independen dalam memilih dan menentukan pilihan sulit dipengaruhi oleh aliran politik,sosial atau latar belakang budaya tertentu. Karena semakin terbukanya informasi memungkinkan cara menentukan pilihan menjadi beragam didasarkan dari sudut pandang dan kepentingan yang akan diusung,terutama apakah sesuai dengan harapan-harapan kelompok ini.
Keberagaman pandangan ini membuat sulitnya untuk menyeragamkan pilihan dan ini menjadi berkah dan banyak alternatif pilihan dengan banyak pertimbangan yang diambil. 
■Tidak terjebak rutinitas yang membosankan
    Pada umumnya kelompok ini menginginkan pekerjaan yang bersifat flksibel dengan waktu,tempat namun target tetap harus dicapai dengan baik. Sehingga kelompokkan banyak memilih pekerjaan non formal yang tidak terjebak rutinitas yang membosankan,sehingga banyak yang berwirausaha dan bisnis ekonomi kreatif.
■Pebisnis berpolitik
     Dewasa ini pebisnis yang bermain 2 kaki dipolitik ini semata-mata untuk menjaga probabilitas atas pasar yang digarap saat atau melakukan ekspansi pasar baru yang diberi ruang oleh rezim berkuasa. Ini dimungkinkan karena  negara yang nota bene menjalankan politik ekonomi saat ini bermuka kapitalis tapi sebenarnya dalam menguasai pasar menerapkan politik ekonomi kiri atas atau intervensi BUMN dalam ekonomi cukup dalam. Sehingga perusahaan swasta sulit berkembang jika tidak melakukan politik ekonomi yg sejalan dengan naluri rezim berkuasa.

Udah..itu az capek ngetik 
Next..dibahas lagi Politik Berke-adaban

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEJARAH SAMPOERNA

Buka menu utama Sunting Pantau halaman ini   Sampoerna Logo Sampoerna. Sampoerna  (merujuk kepada kata " sempurna ") adalah nama sebuah keluarga di  Surabaya ,  Jawa Timur  yang merupakan perintis  PT HM Sampoerna Tbk , perusahaan rokok terbesar di  Indonesia . Generasi pertama dari keluarga ini adalah  Liem Seeng Tee , yang merantau ke Indonesia dari kampung halamannya di  Fujian ,  Republik Rakyat Tiongkok  pada tahun  1898 . [1]  Dialah yang mendirikan perusahaan rokoknya pada tahun  1913 . Generasi keduanya adalah  Aga Sampoerna , putra Liem, sedangkan generasi ketiganya adalah  Putera Sampoerna . Generasi berikutnya dipimpin Michael, putra Putera. Sejarah Sunting Merantau ke Surabaya (1893 - 1912) Sunting Sejarah keluarga Sampoerna bermula saat  Liem Seeng Tee  lahir di Tiongkok pada tahun 1893. Ia merupakan anak dari Liem Tioe dan Tan Sie Nio. [2] ...

SEJARAH CT CORP

Buka menu utama Sunting Pantau halaman ini Baca dalam bahasa lain CT Corp CT Corp PT Chairul Tanjung Corpora Jenis Kelompok Usaha Didirikan 1987 Pendiri Chairul Tanjung Kantor pusat Jakarta ,  Indonesia Tokoh penting Chairul Tanjung Produk Finansial ,  media ,  sumber daya alam ,  yayasan Situs web www .ctcorpora .com CT Corp  (sebelumnya bernama  Para Group ) merupakan kelompok perusahaan yang dimiliki oleh konglomerat  Chairul Tanjung  yang didirikan sejak tahun  1987 [1] . Penggunaan "CT" pada beberapa nama perusahaannya merupakan singkatan inisial namanya. Sejarah Awalnya kelompok ini mendirikan usaha ekspor sepatu anak-anak dengan bermodalkan sebesar Rp 150 juta, yang diperolehnya dari  Bank Exim . Tahun 1996, CT Corp mengakusisi  Mega Bank  dan mengubah namanya menjadi  Bank Mega . Kemudian kelompok ini mengembangkan bisnisnya lewat kompleks pertokoan  Bandung Supermal...

PELUANG DAN RESIKO KARTU KREDIT

Mengelola Kartu Kredit Menjadi Produktif By. Goefran Yassin 13 Maret 2017 Gambar: Kartu Kredit           Pada prinsipnya bahwa kartu kredit dijajakan atau diterbitkan oleh lembaga keuangan perbankan yaitu untuk menyiasati atau memfasilitasi perilaku konsumtif customernya dan memberi beberapa diskon-diskon yang cukup menjanjikan,tanpa terasa tiba-tiba tagihan bulan berikutnya menumpuk melebihi budget alokasi dana untuk membayar tagihan rutin ini sangat membebani apalagi bunganya terbilang cukup tinggi saat ini secara umum sebesar 2,95% sampai 3%. Gambar: Mesin Edisi           Namun perlu juga diketahui bahwa pengguna kartu kredit termasuk customer yang memiliki kapasitas dan karakter yang bagus kenapa demikian karena potensi customer untuk mengabaikan pembayaran kewajiban cukup tinggi oleh karena tidak memiliki presing langsung atau collection lebih banyak dilakukan lewat telpon atau...